August 04, 2008

Karsa dan Kaji ke Putaran Kedua

Pemilihan Gubernur Jawa Timur Putaran II Dilaksanakan 05 November 2008

Surabaya, Kompas - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur menetapkan pasangan calon kepala daerah Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono atau Kaji dan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf atau Karsa, melaju ke putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah Jatim 2008. Putaran kedua rencananya diselenggarakan pada 5 November 2008.

Setelah saksi dari lima pasangan calon menyatakan menerima hasil rekapitulasi suara, KPU Jatim, Jumat (1/8), menggelar rapat pleno untuk menetapkan waktu putaran kedua Pilkada Jatim.

”Kami akan mengonsultasikan rencana putaran kedua 5 November itu dengan Depdagri, KPU pusat, dan Pemprov Jatim karena tanggal ini melewati ketentuan 60 hari. Seharusnya, setelah menunggu kemungkinan gugatan, ditambah 60 hari tahapan, putaran kedua diselenggarakan 5 Oktober. Tetapi, awal Oktober, warga masih libur Hari Raya (Idul Fitri), sedangkan akhir Oktober ada pilkada empat kota, yaitu Madiun, Mojokerto, Kediri, dan Probolinggo,” tutur anggota KPU Jatim, Arief Budiman

Dalam rekapitulasi, pasangan Kaji yang diusung 12 parpol seperti PPP dan parpol nonparlemen mendapat 4.223.089 suara atau 24,82 persen dari keseluruhan 17.014.266 suara sah. Pasangan Karsa yang didukung Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat memperoleh 4.498.332 (26,44 persen).

Pasangan lain, Sutjipto-Ridwan Hisjam (SR) dari PDI-P, mendapat 3.605.106 suara (21,19 persen), calon dari Partai Golkar, Soenarjo-Ali Maschan Moesa (Salam) 3.290.448 (19,34 persen), dan Achmady-Suhartono (Achsan) yang didukung PKB memperoleh 1.397.291 (8,21 persen).

Sebaran suara

Pasangan Karsa menang di empat kabupaten di Madura, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Pacitan, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Kota dan Kabupaten Pasuruan, Jombang, Kota dan Kabupaten Madiun, Bojonegoro, dan Lamongan.

Pasangan Kaji menang di Jember, Banyuwangi, Kabupaten Probolinggo, Sidoarjo, Gresik, dan Kota Malang.

Pasangan SR menang di lima wilayah Mataraman, yakni Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, dan Magetan; juga di Kabupaten Malang dan Surabaya.

Pasangan Salam memenangi Kota Blitar, Ngawi, Tuban, Nganjuk, Ponorogo, dan Kota Batu. Adapun Achsan menang di Kabupaten dan Kota Mojokerto.Sekretaris Tim Pemenangan Kaji M Mirdasy mengatakan, Kaji tidak mampu menyelesaikan dalam satu putaran, antara lain, karena banyak pemilih yang tidak terdaftar kendati memiliki hak pilih dan banyak warga yang tidak mengetahui pelaksanaan Pilkada Jatim.

Dihubungi secara terpisah, Martono, Koordinator Tim Karsa, mengatakan, kompetisi dalam Pilkada Jatim diikuti lima pasang kandidat dan empat pasangan lain didukung partai politik besar. Karena itu, perolehan suara Karsa patut disyukuri.

Koordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat Jatim, Dadan Suharmawijaya dan anggota Panwas Pilkada Jatim, Abdullah Bufteim, menilai, tingginya jumlah pemilih yang tidak ke TPS disebabkan lemahnya kinerja KPU Jatim dalam memutakhirkan data. (INA)

No comments: